Home » »


PAN Belum Tentukan Koalisi Secara Pasti
Minggu, 22 Juli 2012 10:00:00PAN Belum Tentukan Koalisi Secara Pasti
Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Meski wacana Suyoto - Setyo Hartono atau ToTo Jilid 2 yang akan maju lagi dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) sudah disampaikan ke Partai Amanat Nasional (PAN), namun hingga saat ini partai pengusung itu belum menentukan arah koalisi secara pasti.

Beberapa kali memang sempat tersiar kabar bahwa partai berlambang matahari itu akan berkoalisi dengan beberapa partai, di antaranya dengan Partai Demokrat berdasarkan instruksi dari Ketua DPD Partai Demokrat, Soekarwo. Selain itu, Partai Benteng Reformasi (PBR) juga diprediksi akan ikut bergabung jika dilihat dari koalisi secara nasional.

Namun, berbagai kemungkinan koalisi tersebut belum diputuskan  secara pasti. Sementara, partai yang telah menyatakan berkoalisi adalah Partai Gerindra. "Kami baru sebatas komunikasi dengan teman-teman partai. Pada prinsipnya, lebih banyak partai akan lebih baik," kata Ketua Fraksi PAN, Lasuri.

Pernyataan Suyoto yang akan maju bersama Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra, Setyo Hartono sudah cukup bisa memastikan bahwa mereka sudah bisa berangkat dengan delapan kursi yang mereka miliki, yakni tujuh kursi dari PAN dan satu kursi dari Partai Gerindra.

Namun saat ditanya apakah itu berarti PAN dan Gerindra akan maju sebagai pengusung dan partai lain sebagai pendukung? Ia belum bisa memberikan komentar. "Sampai saat ini kita belum menentukan partai mana yang menjadi pengusung dan mana yang akan menjadi pendukung," tambahnya.

Sejauh ini, tambah Lasuri, komunikasi yang dilakukan antar-partai baru sebatas komunikasi lisan. Belum ada kesepakatan tertulis hitam di atas putih. Ditambahkan pria asala Baureno ini bahwa sebelum pendaftaran, segala kemungkinan bisa saja terjadi.

"Kalau saya bicara, konteksnya adalah dari partai. Kalau terkait keputusan siapa wakil Kang Yoto, itu sudah bukan wewenang kami lagi," pungkasnya. [ana/yud]

0 comments:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS