Home » » Sebagian Verifikasi Faktual Tak Penuhi Syarat

Sebagian Verifikasi Faktual Tak Penuhi Syarat


Pemilukada Bojonegoro 2012
Sebagian Verifikasi Faktual Tak Penuhi Syarat
Kamis, 26 Juli 2012 22:00:00Sebagian Verifikasi Faktual Tak Penuhi Syarat
Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bojonegoro mengungkapkan telah menerima sebagian laporan verifikasi faktual dukungan Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) jalur independen.

Namun, laporan yang diterima dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) saat ini baru sebatas gambaran umum tentang temuan-temuan yang didapat dari lapangan. Inti laporan itu menunjukkan bahwa ada beberapa dukungan yang dianggap tidak memenuhi persyaratan.

"Besok hari terakhir dokumen dukungan ini di PPK. Sehingga, saat ini baru sebatas gambaran satu, dua saja yang sudah masuk ke KPU," kata Ketua KPUD Bojonegoro, Mundzar Fahman.

Hasil temuan yang didapat dari hasil verifikasi faktual di antaranya ada pendukung ganda pertama, yakni satu nama ada di beberapa tempat berbeda untuk satu pasangan calon yang sama. Ada pula pendukung ganda kedua, yakni satu nama ditemukan mendukung pasangan calon yang berbeda. Bahkan, ada juga dokumen dukungan berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masa berlakunya telah habis.

Selain itu, ditemukan juga warga yang merasa tidak memberikan dukungan namun namanya tercantum sebagai pendukung. Sehingga, mereka harus mengajukan surat pernyataan tidak mendukung.

Sementara itu terkait siapa calon yang paling banyak melakukan kesalahan, pihak KPUD enggan membeber hal tersebut. "Ini kan baru sebatas gambaran, data lenagkapnya setelah PPK menyerahkan ke kita (KPUD)," imbuh  mantan jurnalis ini.

Selanjutnya, setelah hasil verifikasi yang dilakukan oleh PPK itu masuk ke KPUD, maka lembaga penyelenggara Pemilu itu akan mulai memverifikasi dan merekap hasilnya se-Kabupaten Bojonegoro. "Kalau misal ada yang kurang, ya ga apa-apa, nanti akan ditambahi pada saat masa perbaikan," pungkas  Mundzar. [ana/yud

0 comments:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS