Home » » DP4 Dalam Tahap Pemutakhiran

DP4 Dalam Tahap Pemutakhiran


Pemilukada Bojonegoro 2012
DP4 Dalam Tahap Pemutakhiran
Minggu, 22 Juli 2012 15:00:16
Reporter : Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Proses penyusunan Data Penduduk Potensial Pemilih (DP4) kini telah memasuki tahap pemutakhiran oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dibantu oleh Petugas Pengolahan Data Penduduk (PPDP).

Proses pemutakhiran ini berlangsung sejak 13 Juli lalu hingga 12 Agustus 2012 mendatang. Pemutakhiran ini dinilai penting karena dikhawatirkan masih ada pemilih yang belum tercatat namanya maupun bagi penduduk yang tidak memiliki hak pilih namun tercantum sebagai pemilih.

Hal-hal tersebut biasanya dikarenakan perpindahan status dari sipil ke Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau pun sebaliknya. Selain itu, sebagai antisipasi jangan-jangan ada nama penduduk yang sudah meninggal namun masih tercatat dalam DP4.

"Kita ingin mendapatkan data yang seakurat mungkin dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) nanti," kata Divisi Umum, Hukum dan pengawasan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Abdim Munib.

Sementara, sampai saat ini pihak KPUD mengaku belum mengetahui secara pasti terkait perubahan data tersebut. Namun, dapat dipastikan akan ada perubahan. "Saat ini PPS belum menyampaikan laporan," imbuhnya.

Selanjutnya, hasil pemutakhiran ini akan disampaikan oleh PPS kepada KPUD pada 13 Agustus 2012. Rencananya, PPS juga melakukan pengesahan dan pengumunan hasil pemutakhiran DP4 menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 13 Agustus-2 Sepetember 2012 nanti. "Pada tanggal yang sama, PPS akan melakukan perbaikan DPS," tuturnya.

Selanjutnya, pada tanggal 2-4 Sepetember 2012 dilakukan pencatatan dan penetapan data pemilih tambahan serta pada tanggal 4-6 September dilakukan pengumuman daftar pemilih tambahan oleh PPS.

Pengesahan dan pengumuman daftar pemilih tambahan akan dilakukan oleh PPS selama 15 hari sejak tanggal 17 September 2012. Pelaksanaannya akan dibagi dalam dua tahap yakni tahapan penyusunan dan pengesahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tanggal 7-18 September dan pengumuman DPT pada 19-21 September 2012. [ana/lis]

0 comments:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS