Home » » Dari Keluarga Petani, Lebih Disiplin

Dari Keluarga Petani, Lebih Disiplin


Mengenal Lebih Dekat Bakal Calon (3)
Dari Keluarga Petani, Lebih Disiplin
Selasa, 31 Juli 2012 10:00:08Dari Keluarga Petani, Lebih Disiplin
Saat menyebut nama Untung Basuki, sebenarnya banyak warga di Kabupaten Bojonegoro yang mengaku tidak asing lagi. Khususnya para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Bojonegoro. Karena, cukup lama ia mengabdikan diri menjadi pejabat di birokrasi, mulai tingkat kecamatan sampai menduduki jabatan sebagai asisten di Sekretariat Daerah.
Reporter: M. Yazid
blokBojonegoro.com - Banyak yang belum mengetahui Mas Untung, panggilan akrabnya sewaktu kecil. Ia dilahirkan di Dusun Sumberrejo, Desa Sumberoto, Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro. Mas Untung dihahirkan di lingkungan keluarga sederhana, dan orang tuanya, pasangan Alm Sastrodiarjo dan Hj Mariyanik, merupakan petani tulen.

"Almarhum bapak, dulu kepala dusun yang setiap harinya bergelut di sawah sebagai petani. Jadi, kehidupan keluarga juga pas-pasan," kata Mas Untung.

Sebagai anak kedua, Mas Untung juga harus cepat mandiri dan bisa berkarya untuk adik-adiknya. Walaupun begitu, ia menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Sroyo. Setelah itu melanjutkan di SMPN 2 Bojonegoro dan menimba ilmu di SMA Tantular, Kota Bojonegoro.

"Hidup di keluarga petani, membuat saya lebih disiplin. Karena, ketika kecil sudah diajarkan, bagaimana harus tepat waktu dan tidak bisa seenaknya sendiri," jelasnya.

Termasuk saat dirinya melanjutkan ke Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Tahun 1979. Saat menempuh pendidikan calon praja itu, ia bertekad mengabdikan diri untuk tanah kelahirannya. Jadi, sejak awal sudah terdapat niat kuat dan disiplin tinggi dalam setiap langkahnya.

"Untuk memperdalam ilmu pemerintahan dan tata negara, maka saya melanjutkan di Institute Ilmu Pemerintahan (IIP) tahun 1986," jelas bapak dua putra tersebut.

Karena lahir dan besar di lingkungan petani, maka Mas Untung ketika mulai menjabat tidak lupa dengan dirikan orang tuanya. Makanya, ia mempunyai inisiatif untuk membantu pengairan para petani secara mandiri. Sebab, ketika air tercukupi, maka kesejahteraan petani bisa lebih diperhatikan dan dirasakan langsung. Oleh karena itu, mulai menjabat di wilayah Kecamatan Ngraho pada waktu itu, dirinya membuat areal bagi petani.

"Sampai saat ini berjalan di beberapa kecamatan, semisal di Kecamatan Kalitidu dan Trucuk. Saya ingin meringankan petani, karena keluarga hidupnya juga dari pertanian," lanjutnya.

Totalitas di Birokrasi

Beberapa tempat strategis di Pemkab Bojonegoro sampai di lingkup Pemprov Jatim telah ditempati. Semisal menjadi Camat Ngraho Tahun 1986, Camat Bojonegoro Tahun 1990, Asisten I Setda Pemkab Bojonegoro Tahun 1995, hingga menjabat sebagai Plh Pembantu Bupati Bojonegoro Tahun 1996.

Sedangkan jabatan di tingkat Jatim, Mas Untung pernah menjadi Kasubdin Keolahragaan Dispora Provinsi Jatim Tahun 1998-2001, Wakil Kepala BKM Provinsi Jatim 2003, Wakil Kepala Dispora Provinsi Jatim 2005, Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Jatim dan terakhir Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jatim.

"Seluruh hidup saya untuk kemaslahatan masyarakat banyak. Khususnya di pemerintahan, sejak memulai karier hingga pensiun, saya konsisten membawa amanah dari orang tua yang dulunya menjabat Kepala Dusun," katanya. [zid/ang]
Profil
Nama.    : Drs Untung Basuki, MSi
T.T.L.      : Bojonegoro, 17 Agustus 1951
Agama.  : Islam
Istri.       : Sri Sulistianie
Anak.     : Didit Novieanedie
                Yudha Octovianto

Pendidikan:- SDN Sroyo
- SMPN 2 Bojonegoro
- SMA Taruna
- Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Tahun 1979
- Institute Ilmu Pemerintahan (IIP) Jurusan Ilmu Politik 1986
- Pasca Sarjana (Magister Administrasi UNTAG) tahun 2000

Pendidikan Kursus:- Pemantapan Otonomi dan Keuangan Daerah di Jakarta tahun 1990
- Suspim Pemdagri di Bandung tahun 1990, dan lain-lain.

Riwayat Jabatan :- Kasi Penmas Sospol Kab Bojonegoro Tahun 1980
- MPPP Camat Bubulan Kab Bojonegoro Tahun 1980
- MPPP Camat Dander Kab Bojonegoro Tahun 1982
- Camat Ngraho Kab Bojonegoro Tahun 1986
- Camat Bojonegoro Kab Bojonegoro Tahun 1990
- Asisten I Setda Kab Bojonegoro Tahun 1995
- Plh Pembantu Bupati Kab Bojonegoro Tahun 1996
- Kasubdin Keolahragaan Dispora Provinsi Jatim tahun 1998-2001
- Wakil Kepala BKM Provinsi Jatim 2003
- Wakil Kepala Dispora Provinsi Jatim 2005
- Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Jatim
- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jatim               

0 comments:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS